Pages

Ads 468x60px

Labels

Flickr Photostream

Meet The Author

Friday, April 27, 2012

Wow! Kamera Raksasa Dibekali 3,2 Miliar Piksel


Kamera teleskop LSST (SLAC )
Amerika Serikat - 189 sensor berbeda dibenamkan pada kamera dengan kekuatan 3,2 miliar piksel ini. Oleh karena itu, tak salah rasanya bila menyebutnya sebagai kamera raksasa.

Namun tentu saja kamera yang dimaksud bukanlah kamera biasa. Ia adalah kamera teleskop LSST (Large Synoptic Survey Telescope).

Miliaran piksel itu dimaksudkan agar piranti ini bisa mengcapture langit malam dengan lapang, cepat dan memiliki kedalaman sudut pandang. Kamera ini memang dihadirkan untuk menilik asteroid, struktur galaksi dan area astronomi lainnya

Saat sudah selesai diproduksi, kamera digital buatan SLAC (Stanford Linear Accelerator Center), tersebut diharapkan bisa merekam data 6 juta GB tiap tahunnya. Angka ini setara dengan 800.000 foto berukuran 8MP yang diambil setiap malam.

Sejauh ini, kamera tersebut sudah sampai tahap persetujuan Critical Decision 1 dari Departemen Energi Amerika Serikat. Artinya, ia telah diperbolehkan untuk dikembangkan ke level selanjutnya.

Dilansir Techland, nantinya arsip data yang dihasilkan bakal tersedia untuk dinikmati publik. Hal ini pastinya menjadi kabar gembira bagi para astronom di seluruh dunia.


sumber

No comments:

Post a Comment